Bolavoli

BOLAVOLI

FORMAT PERMAINAN

Memperoleh angka, memenangkan satu set, dan pertandingan
Angka
Suatu tim mempeeroleh angka bila berhasil mendaratkan bola dilapangan permainan lawan, regu lawan membuat kesalahan, regu lawan menerima hukuman (penalti).
Suatu reli membuat kesalahan bila bermain menyalahi peraturan (atau melanggar peraturan). Wasit memutuskan adanya kesalahan dan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan, jika terjadi dua kesalahan atau lebih secara berturut-turut, maka hanya kesalahan peertama yang dikenakan. Dan jika terjadi kesalahan atau lebih secara bersamaan dinamakan KESALAHAN GANDA dan permainan diulang.
Suatu reli adalah rangkaian gerak permainan diawali pukulan servis oleh pelaku servis sampai bola di luar permainan. Jika tim yang melakukan servis memenangkan reli, tim itu mendapat angka dan tetap melakukan servis. Dan jika tim yang menerima servis memenangkan reli, tim itu mendapatkan angka dan selanjutnya harus melakukan servis.
Set
Satu set (kecuali set penentuan, set ke 5) dimenangkan oleh regu yang pertama mendapat angka 25 dengan selisih angka minimal dua angka. Pada keadaan 24-24, permainan dilanjutkan hingga dicapai selisih dua angka (26-24, 27-25).
Pertandingan
Pertandingan dimenangkan oleh tim yang memenangkan tiga set. Pada keadaan 2-2, set penentuan (set ke 5) dimainkan hingga angka 15 dengan selisih angka minimal dua angka.
Kesalahan dan tidak lengkapnya tim
Jika salah satu tim menolak untuk bermain setelah dilakukan panggilan maka tim tersebut dinyatakan salah dan kehilangan pertandingan dengan hasil 0-3 dan 0-25 untuk tiap set.
Satu tim tanpa suatu alasan yang dapat dipertanggungjawabkan tidak hadir di dalam lapangan permainan pada waktu yang ditentukan, dinyatakan kalah dengan hasil sama dengan peraturan sebelumnya.
Satu tim yang dinyatakan TIDAK LENGKAP untuk set atau peertandingan itu, dinyatakan kalah dalam set atau pertandingan itu. Tim lawan mendapatkan angka atau angka dan set, yang diperlukan untuk memenangkan ste atau pertandingan itu. Tim yang tidak lengkap tetap dengan angka dan set yang telah diperolehnya.
Urutan permainan
Undian (toss)
Sebelum pertandingan, wasit pertama melakukan undian untuk menetukan giliran servis pertama dan lapangan pada set pertama. Jika set penentuan harus dimainkan, dilakukan lagi undian (toss) yana baru. Undian dilakukan dihadapan kedua kapten tim. Pemenang undian memilih SALAH SATU (melakukan servis atau menerima servis atau lapangan). Tim yang kalah undian menerima sisanya. Pada keadaan pemanasan bergantian, tim yang memilih servis mendapat giliran pertama untuk melakukan pemanasan di net.
Waktu pemanasan
Sebelum pertandingan, apabila kedua tim tersebuttelah manggunakan lapangan lain utuk pemanasan, setiap tim mendapat giliran 3 menit pemanasan dai net, jika belum setiap tim mendapat giliran selama 5 menit.
Jika kedua kapten setuju untuk melakukan pemanasan di net bersama-sama, kedua tim dapat melakukan pemanasan selama 6 atau 10 menit sesuai dengan peraturan diatas.
Susunan tim peserta
Setiap tim harus selalu bermain dengan enam pemain. Daftar posisi tim menetukan giliran rotasi pemain di lapanngan. Giliran rotasi ini harus tetap sama selama set tersebut.
Sebelum dimulainya setiap set, coach menyerahkan daftar posisi dari timnya untuk main pertama, setelah diisi dan ditandatangani kepada wasit kedua atau pencatat.
Pemain yang tidak terdaftar dalam daftar posisi dalam satu set adalah pemain pengganti untuk set tersebut (kecuali libero).
Sekali daftar posisi telah diberiakn kepada wasit ke dua atau pencatat, maka daftar posisi itu tidak dapat diubah, tanpa pergantian pemain yang normal.
Perbedaan posisi pemain di lapangan dan di dalam daftar posisi.
Jika perbedaan terdapat sebelum dimulainya set, posisi pemain harus diperbaiki sesuai dengan daftar posisi. Hal ini tidak dikenakan sanksi.
Sebelum dimulainya satu set, terdapat pemain di lapangan yang tidak terdaftar posisi, makapemain tersebut harus diganti dengan pemain yan tercatat dalam daftar posisi. Hal ini tidak dikenakan sanksi.
Apabila coach tetap tetap ingin memainkan pemain yang tidak terdaftar dalam daftar posisi, dia harus meminta pergantiadn resmi, yan akan dicatat dalam score sheet.
Posisi
Pada saat bola dipukul pelaku servis, setiap tim harus berada pada posisinya di dalam lapangan, sesuai ururtan rotasi (kecuali pelaku servis). posisi pemain ditandai sebagai berikut :
Tiga pemain di dekat net adalah pemain baris depan dan terdiri dari posisi 4, 3, dan 2. Tiga pemain yang lain adalah pemain baris belakang yan terdiri dari posisi 5, 6, dan 1.
Setiap pemain baris belakang harus berada dalam posisi agak jauh dari net dari pada pemain baris depan. Pemain baris depan dan baris belakang, berturut-turut harus dalam posisi menyamping sesuai posisi yang ada.
Setiap pemain baris depan sebagian kakinya harus berada lebih dekat ke gars tengah daripada kaki pemain baris belakang.
Kesalahan posisi
Satu tim dinyatakan melakukan kesalahan posisi, jika ada pemain yang tidak berada pada posisi yang benar pada saat bola dipukul oleh pelaku servis.
Jika pelaku servis melakukan kesalahan pada saat melakukan servis, maka dinyatakan kesalahannya terjadi sebelum kesalahan posisi lawan.
Jika terjadi kesalahan servis setelah pukulan servis dilakukan maka yang dikenakan sanksi adalah kesalahan posisi.
Rotasi
Ururtan rotasi ditentukan oleh daftar posisi dan diperiksa dengan urutan servis dan pemain selamam set itu berlangsung.
Jika regu penerima servis berhsil mendapat hak untuk servis pemain berputar satu posisi searah jarum jam.
Kesalahan rotasi
Kesalahan rotasi terjadi bila servis tidak dilakukan sesuai dengan urutan rotasi.
Regu itu akan dikenakan sanksi kehilangan satu reli.
Rotasi pemain dikembalikan ke rotasi sebenarnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: