Lemak

Pengertian
Lemak adalah sumber energi yang tinggi. 1 gram lemak menghasilkan 39.06 k . Lemak terdiri atas unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen.
Karena struktur molekulnya yang kaya akan rantai unsur karbon(-CH2-CH2-CH2-)maka lemak mempunyai sifat hydrophob. Ini menjadi alasan yang menjelaskan sulitnya lemak untuk larut di dalam air. Lemak dapat larut hanya di larutan yang apolar atau organik seperti: eter, Chloroform, atau benzol. Vitamin A, D, E, dan K tidak dapat larut dalam air. Hal ini diperlukan bantuan dari lemak. Mengapa demikian? karena vitamin A, D, E, dan K hanya dapat larut dalam lemak.
Lemak berfungsi sebagai pelindung organ-organ tubuh yang sangat vital. Karena lemak memiliki struktur yang berbeda dengan karbohidrat dan protein serta zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu tidak dapat larut dengan air. Hal ini dikarenakan jika organ-organ tubuh yang vital, seperti jantung banyak mengandung air, maka jantung tidak dapat berfungsi dengan baik dan mengalami kerusakan.
Lemak dapat berasal dari nabati atau hewani. Contoh yang berasal dari nabati yaitu kacang, kelapa, minyak jagung, minyak kedelai, dan mentega.
Sedangkan yang berasal dari hewani contohnya yaitu ikan laut (tuna, kod, sardin), kerang, lemak hewan dan lain-lain.

Fungsi Lemak
Sebagai sumber energi.
Sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K.
Sebagai pelindung organ tubuh yang penting, misal mata, ginjal, dan jantung.
Sebagai pelindung tubuh terhadap suhu yang rendah, yaitu sebagai isolator dibawah kulit untuk menghindari hilangnya panas tubuh.
Transportasi metabolik sumber energi.
Sumber zat untuk sintesis bagi hormon dan kelenjar empedu.

Klasifikasi Lemak

LipidFungsi primerContohAsam LemakSumber energi, biologis prekursorAsam Palmitin, asam oneil, dan asam linonGliseridaPenyimpan energiTrigleseridaFosfogliseridaKomponen dari membranFofatidylcholin, Fosfatidylserin, FosfatindyletanolaminBadan KetonSumber energieAceton, Acetoacetat, ß HidroxibutyratSfingolipidKomponen dari membranSfingomyelin (Ceramid) dan Glikosfingolipid (Cerebrosid, Globosid)EicosanoidaModulator proses fisiologisProstaglandin, Thromboxan, Leukotriene, HPETECholesterinKomponen dari membranCholesterin, CholesterinesterHormon SteroidModulator proses fisiologisAldosteron, Cortisol, Androgen

Mekanisme Absorpsi Lemak
Asam lemak dan 2 monogliserida larut dalam gugus pusat lipid dari miselus asam empedu. Dalam bentuk ini, asam lemak dan monogliserida di transpor ke permukaan mikrovili di dalam brush border.
Disini keduanya berdifusi melalui membran sel enterosit ke bagian dalam enterosit : keadaan ini dimungkinkan karena lipid-lipid ini larut dalam membran enterosit
Proses ini meninggalkan miselus asam empedu di dalam kimus. Selanjutnya miselus berdifusi kembali melalui kimus dan masih mengabsorbsi lebih banyak monogliserida dan asam lemak lagi.
Setelah memasuki enterosit, asam lemak dan monogliserida diambil oleh retikulum endoplasma halus, dan disini mereka terutama direkombinasi untuk membentuk trigleserida yang baru. Yang kemudian berkumpul dan masuk ke dalam limfe dalam bentuk droplet kecil yang tersebar disebut kilomikron.
Kilomikron dikeluarkan dari sirkulasi darah melalui kapiler jaringan adiposa dan hati yang berisi enzim lipoprotein lipase. Enzim ini untuk menghidrolisis trigliserida dari kimomikron yang melekat pada dinding endotel dengan melepaskan asam lemak dan gliserol. Keduanya kemudian berdifusi ke dalam sel lemak jaringan adiposa dan sel hati.
Jaringan adiposa mempunyai fungsi untuk menyimpan trigliserida sampai diperlukan untuk membentuk energi dalam tubuh.

Mekanisme Lemak sebagai Sumber Energi

 SHAPE \* MERGEFORMAT 

H2

H2

2 CO2

H2

H2

Koenzim A

Koenzim A

Asetil + KoA

Transport elektron

Oksidasi Beta

Siklus Krebs

Asetil KoA

Asam piruvat

3-fosfogliseraldehide

Gliserol + 3 asam lemak

Trigleserida + 3 H2O

Glukosa

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: