Tunagrahita

Menurut American on Mental Deficiency (AAMD) dalam B3PTKSM, (p.20) mendefinisikan tunagrahita sebagai kelainan: yang meliputi fungsi intelektual umum di bawah rata-rata (sub-average), yaitu IQ 84 ke bawah berdasarkan tes individual, yang muncul sebelum usia 16 tahun, dan menunjukkan hambatan dalam prilaku adaptif. Adapun menurut American Association on Mental Retardation (AAMR) ; 1992 mendefinisikan tunagrahita merujuk pada keterbatasan fungsi intelektual umum dan keterbatasan pada keterampilan adaptif. Keteerampilan adaptif meliputi: komunikasi, merawat diri, home living, keterampilan social, bermasyarakat, mengontrol diri, fungsional akademis, waktu luang dan kerja. Menurut definisi ini, ketunagrahitaan muncul sebelum berumur 18 tahun.
Tunagrahita dapat diartikan fungsi intelektual secara nyata di bawah rata-rata, adanya ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri dengan norma dan tuntutan yang berlaku dalam masyarakat (WHO dalam Fitri Nurjanah: 2010).
Tunagrahita adalah seseorang yang mengalami keterbelakangan mental. Anak tunagrahita biasanya dihubungkan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Tingkat kecerdasan secara umum biasanya diukur melalui tes intelegensi yang hasilnya disebut dengan kadar intellegensi (Intellegency Quotient). Tunagrahita dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu;
1. Debil dengan IQ 50-70 (mampu didik)
2. Embisil dengan IQ 25-50 (mampu latih)
3. Idiot dengan IQ < 25 (mampu rawat)
Anak yang memiliki karakteristik debil dan embisil ini dikategorikan kelompok yang mampu mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Sehingga guru dapat membimbing aktivitas gerak anak tungrahita, terutama yang kurang aktif melalui pendidikan jasmani.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: